Makanan Khas Kalimantan Barat

Ada yang sudah menonton Film Aruna dan Lidahnya? Ya film ini menceritakan pertulangan Aruan dan teman-temannya ke beberapa daerah di Indonesia untuk mencicipi beragam kuliner di daerah Indonesia, salah satunya adalah Kalimantan Barat. Kota Pontianak memiliki segudang makanan dan jajanan yang unik, lezat dan juga gurih, yang juga menggugah selera siapa pun yang sudah menonton film ini. Berikut ini Gotomalls merekomendasikan berbagai makanan khas Kalimantan Barat dan pastinya semua halal:

Choi Pan

article image

Image source: kumparan.com

Choi pan adalah salah satu makanan khas Kalimantan Barat yang bentuknya menyerupai pangsit. Cita rasa yang unik membuat choi pan menjadi jajanan populer dan wajib coba. Kulit choi pan terbuat dari tepung beras dan sagu sedangkan isiannya menggunakan bengkuang, kucai, ebi, udang, ayam lalu diberi taburan bawang putih goreng dan disiram dengan minyak wijen. Tekstur choi pan sangat lembut dan rasanya yang gurih enak di santap dengan saus pedas manis.

Pengkang

article image

Image source: borneo24.com

Pengkang merupakan jajanan khas dari Kalimantan Barat yang dibungkus dengan daun pisang seperti lemper yang membedakan hanyalah pada isian saja. Pengkang terbuat dari beras ketan dengan isian berupa udang kering atau ebi kemudian dibungkus daun pisang berbentuk segitiga lalu dijepit dengan menggunakan bambu. Setelah itu pengkang dioles dengan minyak dan siap dipanggang di atas bara api. Setelah daun pisang mulai mengering dan mengeluarkan aroma yang harum, maka pengkang siap disajikan. Rasanya gurih dan legit, sangat cocok dinikmati dengan secangkir kopi atau teh. Makanan khas Kalimantan Barat ini wajib banget kamu coba!

Mie Loncat

article image

Image source: tribunnews.com

Mie loncat adalah makanan yang berasal dari Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Di kota ini banyak sekali etnis Tionghoa jadi tak heran jika kamu menemui berbagai jenis mie. Salah satunya adalah mie loncat, disebut mie loncat karena penjual akan melempar mie tinggi-tinggi sebelum disajikan dan menangkapnya dengan menggunakan saringan mie. Ini bukan sebuah atraksi melainkan agar mie tidak lengket satu sama lain, setelah dilempar mie akan terpisah sehingga mudah untuk dimakan. Mie disajikan dengan berbagai lauk seperti udang, ayam, daging sapi, bakso dan masih banyak lagi.

Mie Kepiting

article image

Image source: njajan.com

Masih berasal dari kota Singkawang, kamu juga wajib mencoba mie kepiting. Satu porsi mie yang disajikan dengan daging capit kepiting yang tebal-tebal, bakso ikan, pangsit dan masih banyak lagi. Cita rasa mie yang gurih membuat siapa saja ingin mencicipinya. Tak perlu khawatir, Mie Kepiting adalah santapan makanan halal, siapa pun bisa menikmatinya.

Bubur Gunting

article image

Image source: phinemo.com

Bubur Gunting adalah makanan khas Kalimantan Barat yang wajib kamu cicipi cocok dinikmati untuk sarapan seperti bubur lainnya. Sebenarnya ini adalah kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya yang dimasak dengan kuah kental bening yang berasal dari campuran air tepung sagu, gula dan pandan. Uniknya bubur gunting disajikan dengan cahkwe yang digunting kecil-kecil sebagai topping bubur. Menarik ya!

Asam Pedas Tempoyak

article image

Image source: backpackerjakarta.com

Selain itu ada kuliner yang berasal dari buah durian yang difermentasi disebut tempoyak. Ini adalah makanan khas Kalimantan Barat yang memiliki cita rasa unik dan harus kamu coba. Asam pedas tempoyak memiliki bahan utama ikan segar seperti ikan patin kemudian dibumbui dengan kunyit, jahe serai, lengkuas, cabai kemudian dicampur dengan daging buah durian yang sudah difermentasikan. Makanan ini sangat enak dinikmati dengan nasi yang hangat. Aroma durian beserta bumbu dari ikan patin yang memiliki cita rasa asam, tentu membuat siapa pun ingin mencicipinya.

Kerupuk Basah

article image

Image source: ksmtour.com

Terakhir makanan khas Kalimantan Barat yang bisa kamu coba adalah Kerupuk Basah. Uniknya ini bukan merupakan kerupuk yang digoreng kering tapi dengan cara dikukus. Kerupuk ini berasal dari tepung sagu dan ikan belida, dan dibentuk lonjong menyerupai pempek. Kerupuk Basah bisa dinikmati dengan memakan langsung atau digoreng sebentar dan enak disantap bersama dengan saus kacang.


Itulah sederet makanan khas Kalimantan Barat yang sangat nikmat dan wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Jika tak sabar ingin mencicipi, kini juga sudah banyak restoran yang menyajikan makanan khas Kalimantan Barat di setiap daerah di Indonesia. Siapa tahu di kota kamu tinggal ada semuanya. Selamat mencicipi!

Articles

Malls

featured image: foodnotestories.com