Mengenal Reusable Facial Pads, Kapas Daur Ulang

Terkadang terlintas di benak kita bagaimana cara untuk menjaga kelestarian bumi selain mengurangi penggunaan plastik belanja yang akhir-akhir ini kampanyenya cukup gencar dan berpengaruh besar. Ada cara lainnya yang bisa kita terapkan salah satunya adalah mengurangi penggunaan kapas pembersih wajah. Kamu bisa beralih dari kapas ke pembersih wajah daur ulang atau yang dikenal dengan sebutan reusable facial pads. Pernah mendengarnya? Jika belum yuk berkenalan dengan pembersih wajah daur ulang yang satu ini!

Efek Buruk Kapas Pembersih Wajah

article image

Image credit: cleanandclear.co.id

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya jika kita mengetahui efek buruk dari kapas pembersih wajah yang biasa kamu gunakan. Masih terkait dengan pelestarian lingkungan, tahukah kamu berapa banyak kapas pembersih wajah yang kamu gunakan setiap harinya? Jika satu lembar kapas saja yang kamu gunakan setiap hari, hitung saja berapa banyak yang akan kamu buang setiap bulannya. Rasanya juga tidak mungkin hanya satu lembar kapas saja yang kamu perlukan untuk membersihkan wajah sampai benar-benar bersih. Sedikit demi sedikit kapas pembersih dan tentunya plastik pembungkusnya dapat berkontribusi terhadap lingkungan karena sampah. Tidak hanya itu, kapas juga mengandung bahan yang menimbulkan residu sehingga sulit untuk didaur ulang.

Selain itu, tahukah kamu kalau penggunaan kapas yang terlalu sering juga membawa risiko terdapat kulit kamu? Biasanya kapas kerap meninggalkan serat-serat halus pada wajah yang tidak kamu sadari. Serat-serat inilah yang pada akhirnya akan menyumbat pori-pori kulit, bahkan bisa membuat pori kulit kamu makin besar sehingga komedo mudah sekali muncul. Risiko akan lebih besar tentunya bagi kamu yang memiliki kulit kering atau sensitif. Belum lagi efek yang ditimbulkan karena kapas pabrikan kerap mengandung bahan kimia, pewarna atau melalui proses kelantang kimiawi.

Reusable Facial Pads dan Kelebihannya

article image

Image credit : etsy.com

Reusable facial pads, merupakan pembersih wajah yang terbuat dari kain, sehingga kamu bisa menggunakannya berkali-kali. Kain pembersih wajah ini dibuat sedemikian rupa sehingga terasa lembut di wajah. Ada pula yang mendesain reusable pad ini dengan dua sisi yang berbeda, bagian satu memiliki sisi lembut sedangkan sisi sebaliknya bertekstur, yang berfungsi sebagai eksfoliator. Reusable pads juga memiliki beberapa kelebihan. Misalnya saja, sebagian besar kapas daur ulang berukuran cukup besar, yaitu memiliki diameter sekitar 6-7 cm, sehingga cukup menggunakan satu kapas untuk membersihkan seluruh wajah dan dapat digunakan kurang lebih hingga dua bulan, bahkan lebih.

Pembersih satu ini juga tidak menyisakan serat sehingga mengurangi risiko pori-pori membesar. Dikarenakan tidak menggunakan bahan kimia, pewarna dan lain-lain, tentunya akan lebih aman bersentuhan dengan kulit kamu. Serta ternyata menggunakan reusable pad bisa menghemat pengeluaran sebanyak puluhan ribu rupiah per bulannya, selain tentunya juga memberikan sumbangsih terhadap pelestarian lingkungan.

Cara Membersihkan Reusable Facial Pads

article image

Image credit : honouryourflow.co.uk

Untuk menjaga kebersihannya dan kesehatan kulit wajah, reusable pad harus rajin dibersihkan setiap harinya. Ia juga harus kamu bersihkan terlebih dulu ketika baru membeli atau membuatnya dengan cara dicuci atau direndam dengan air panas. Cara membersihkannya cukup mudah yaitu pertama-tama siapkan sabun cuci piring atau sabun cair bayi untuk membersihkannya. Gosok atau pijat-pijat perlahan dengan menggunakan tangan, dibilas kemudian keringkan. Kamu juga dapat mencucinya dengan menggunakan mesin cuci, hanya saja untuk menghindari serat kainnya mudah terurai, sebaiknya gunakan kantung cuci sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci. Pergunakanlah sedikit detergen saja. Meski selalu rajin kamu cuci setiap hari, tentunya reusable pads lambat laun akan melar, terurai atau mungkin ternoda sehingga fungsinya lambat laun tidak akan maksimal. Pada kondisi seperti ini tentunya kamu sudah harus menggantinya dengan yang baru setelah kurang lebih dua hingga tiga bulan lamanya.

Cara Membuat Reusable Facial/Cotton Pads

article image

Image credit: mabewithlove.wordpress.com

Reusable facial pads bisa kamu dapatkan dengan membuat sendiri di rumah atau membelinya. Bagi yang ingin membuatnya sendiri di rumah, kamu bisa membuatnya dari kain bekas yang bersih di rumah. Sediakan kain flannel, kain katun untuk dasarnya, gunting untuk memotong kain, pensil untuk menggambar pola dan benda berbentuk bulat atau kotak yang digunakan sebagai pola, benang dan jarum jahit. Buatlah bentuk pads dengan mengikuti bentuk benda yang dijadikan contoh, lalu potong kedua jenis kain tersebut sesuai ukuran contohnya. Gabungkan kedua kain, lalu obras dengan mesin atau jahit keduanya menjadi satu dengan tangan.
Jika kamu malas membuatnya, atau bahan yang diperlukan tidak tersedia di rumah, reusable facial pads juga sudah banyak dijual bebas, dan kamu bisa membelinya dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu bisa membelinya pada beberapa online shop atau e-commerce lainnya dan kamu bisa memilih apakah kamu menginginkan motif yang polos atau motif lucu dan cantik.


Kini saatnya kita beralih pada produk-produk yang tidak hanya ramah pada kulit tetapi juga ramah lingkungan. Terlebih jika kita mendapatkan benefit tambahan di mana kita bisa menghemat banyak pengeluaran per bulannya. Jadi, tinggalkan kapas pembersih, dan mulailah menggunakan reusable facial pads.

Jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Di sini kamu bisa menemukan ratusan info promo dari berbagai brand dan mall serta kupon-kupon diskon dan juga artikel-artikel yang menarik untuk dibaca!
Ada info event juga loh!

Malls

Articles